September 12, 2012

SEKOLAH BUKAN TEMPAT BELAJAR

woooooww,,judulnya mujarab gak tuh, pasti gw bakalan langsung ditempeleng sama pak mentri karena bilang sekolah bukan tempat buat belajar...hahahahhaa, dan semoga data gw di kementrian gak dihapus :p

Okeeyyyy,, gw akan ngebahas kenapa sampe bisa gw berfikiran dan berucap seperti itu ke anak-anak, kesimpulannya sederhana karena mereka memang datang ke sekolah niatnya sebenarnya bukan buat belajar tapi untuk melepas kejenuhan yang ada dirumah, titik. Dan itu jawaban dari hampir seluruh anak dikelas, walaupun mereka bilang tujuan ke sekolah itu adalah untuk belajar tapi kenyataannya dilapangan its nothing.

Semalem gw coba bikin tweet pendek soal tersebut, dan memang gw rada kasihan dengan orangtua zaman sekarang yang mendesak anaknya untuk terus dan terus belajar tanpa mengerti apa maksud dari belajar tersebut. Kita ambil contoh, untuk uang SPP perbulan para orangtua bisa ,mengeluarkan biaya sampai 500 ribu/bulan itu belum ditambah biaya buku dan praktek lainnya, tapi inti dari pembiayaan tersebut adalah untuk belajar, coba kalo gw ambil analogi begini, pergi ke warnet pake paket 2 jam seharga 5000ribu lalu searching di google untuk materi apapun, pasti adakan???dan gw yakin semua pasti ada di google, tinggal print dan kasih ke anak. Itu juga udah disebut dengan BELAJAR kan???

Lalu dengan modal ndak sampai 500ribu bisa tetap belajar kan???coba perhatikan lagi tas anak-anak dari mulai Pre-School, TK, SD, SMP dan SMA gw bilang itu tas sekolah atau tas ransel pulang kampung??dan gw jawab itu adalah tas sekolah yang beratnya sama seperti tas ransel mudik?? Bawa buku segitu banyaknya tapi apakah anak-anak tersebut akan membaca dan menganalisanya selepas mereka pulang dari sekolah???dan gw haqul yakin banget dari 40 anak didalam kelas hanya 5 yang seperti itu selebihnya pasti akan terpajang rapih di atas kasur atau ruangan kamarnya, apakah itu disebut dengan BELAJAR???

See, jadi tujuan kesekolah zaman sekarang adalah bukan untuk belajar, tapi untuk apa??? *pertanyaan yang pintar kan dari gw*

Tujuan dari sekolah saat ini adalah bukan belajar tetapi untuk PENGEMBANGAN DIRI dan MERUBAH MASA DEPAN!! itu menurut gw....

Pengembangan diri disediakan wadahnya melalui kegiatan ekstrakurikuler dan tentunya OSIS, disana siswa bisa mengembangkan dirinya sesuai apa yang ia inginkan bukan apa yang orangtua mau. Dan pastinya tujuan sekolah adalah untuk merubah masa depan dari anak-anak kita nantinya, bohong orangtua menyekolahkan anaknya pasti karena ingin anaknya tidak merasakan susah seperti orangtuanya untuk mencari rezeqi, itu masih dalam analogi gw, dan gw yakin itu pasti bener. Tapi apa yang terjadi orangtua malah salah kaprah anaknya dipaksa untuk belajar tapi tidak mengajarkan apa yang akan terjadi didepannya oleh si anak.

So, MPers yang sedang menjadi orangtua dan akan menjadi orangtua, jangan pernah bilang lagi kalo sekolah itu tujuannya adalah belajar dan mencari ilmu karena dengan internet bisa juga belajar, karena kalo kaya gitu 100% gw percaya nanti anak-anak kalian juga akan bernasib sama dengan orangtuanya.



*rama yang lagi unyu banget hari ini*
~r4,20120912~

9 comments:

Bambang Priantono said...

Sekolah adalah candu

rama wibi said...

kaya judul lagu dangdut yaaakkk

mamah depin DEWI said...

betol!
tasnya depin lbh berat dr beratnya hatiku meninggalkan mp *eh!

rama wibi said...

haasssyaaahhhhh..

dan isi tasnya apa aj mah???

mamah depin DEWI said...

yg jelas bukan cucian kotor ma

Dani Freaks said...

See, jadi tujuan kesekolah zaman sekarang adalah bukan untuk belajar, tapi untuk apa??? *pertanyaan yang pintar kan dari gw* <-- agar elu masih bisa nyari nafkah, pak Guru.....


*ditabok*

Dani Freaks said...

Kalo saran gw sih...mending yang dihapus itu kurikulumnya, Ram...
Jangan sekolahnya. Soalnya kurikulum itu yang bikin mereka jadi kayak kejar setoran gitu. Kalo sekolah berdasarkan apa yang mereka pinginkan, pasti mereka semangat sekolahnya *keinget Toto-Chan*

TJ Sudirman said...

mungkin tetep belajar juga namanya. tapi belajar hidup. karena sekolah lah dunia luar bagi anak2-remaja. tempat mereka bisa ngeksis, bergaul, ngerti what's wrong or right, ngerti how to face the world, dll. tentu saja sekolah itu adalah ruang lingkup yg cukup besar utk usia mereka.
tentunya ini terlepas dari mereka yg kenal dunia luar selain di sekolah ya. kan banyak anak sekolah yg hanya bergaulnya, dan mungkin tau bergaul itu gara2 sekolah aja.
jadi itu boleh dong disebut belajar juga... belajar hidup. :)

dedy bagus said...

hahha....mgkn itulah salah satu sebab kenapa tinggi gw krg maksmial. dari SD, 1 mata kuliah ada 2 buku tulis: buku catatan dan latihan. Pas SMP, tambah 2 lagi, buku wajib & LKS. Allahu Akbar!!!!