August 31, 2012

Penting Ya Pake Gelar H ??

Gelar H yang biasanya tertera didepan nama seseorang *terutama yang muslim* pasti secara langsung kita akan mengecap kalo orang tersebut telah memenuhi rukun Islam yang terakhir dan pastinya udah menjadi manusia yang baik dan benar kan ya. Tapi seandainya gelar tersebut digunakan untuk mencari ketenaran dan massa yang banyak gimana ya cara menyikapinya??

Bentar lagi kota tempat gw tinggal bakalan menggelar hajatan besar-besaran untuk memilih walikotanya yang semoga tidak korup lagi, tapi rasanya gw gak akan terlalu beroptimis kalo para pemimpin2 gw ini bakalan bersih dan bener2 memperhatikan warganya, palingan pas kampanye doang mau susah-susahan ke gubuk para warganya biar dapet simpati, tapi kalo udah tinggal di rumah dinas mah lupa kali, ya kan??

Nah sepanjang jalan Bekasi itu sekarang udah banyak poster para balon Walikota dan wakilnya, dan kesemuanya bertitle H tersebut, sebenarnya gw bukan ngebahas soal agama atau apapun, sama seperti kasus bang Haji beberapa waktu lalu. Tapi gw disini mw komplain soal title yang dipasangkan oleh orang-orang yang gak mengamalkannya, miris ngeliat title H tapi kelakukan jauh dari Mabrur.

Gw gak mau menggunakan kata oknum, karena kata adek gw oknum itu satu-dua orang maksimal gak sampai 10 orang, tapi nyatanya yang ketangkep KPK adalah orang-orang yang juga menggunakan title H, sakit ya mental NKRI ini. Gw miris semiris-mirisnya kalo ngeliat orang maksa menggunakan title H nya tapi kelakukannya minus, seharusnya orang yang sudah melaksanakan perjalanan ke Mina, Jeddah dan Marwah bisa lebih Tawadu' kepada sesama, setiap gerakannya selalu berlandasakan atas ketaatannya atas 5 waktu-Nya, dan hal-hal lainnya yang menurut gw title H itu adalah sesuatu yang suci.

Mantan kepsek ditempat gw ngajar, sampe saat ini beliau tidak mau mencantumkan gelar H nya didepan nama, ataupun surat-surat kegiatan sekolah lainnya, beliau pernah bilang "buat apa pake title Haji tapi untuk 5 waktunya selalu telat, sodaqoh ngundang-ngundang wartawan...de el el". Yes beliau bicara seperti itu 3 tahunan yang lalu saat ada pengajian guru setiap bulannya, gw juga melihat ucapan beliau itu sungguh penuh makna, masa ia ada seorang tokoh agama menggunakan title H tapi sering sombong di media tv untuk memamerkan kekayaannya, bersodaqoh ngundang wartawan, menyembuhkan penyakit mengatasnamakan sang pencipta tapi kelakuannya seperti mahluk yang dilaknat-Nya, membuat majelis-majelis Do'a tapi masih mengerjakan hal-hal yang Makruh. Dan masih banyak lagi hal-hal minus yang tidak sesuai dengan title H didepannya.

Dan semua calon walikota gw berinisialkan H didepan nama semuanya, duh semoga nanti pas pemilihan gw tertidur pulas deh biar gak milih salah satu dari mereka, karena gw udah pesimis sama wakil rakyat yang kalo ada maunya doang deketin rakyatnya.



~r4,20120831~


29 comments:

Bambang Priantono said...

Hehehehehe....

Bobo manis ah

Muslim Anshori M, said...

berat.. berat....

rama wibi said...

takut di adili massa ya Mus,,hhahahaha

rama wibi said...

cemeeennn aaahhhh.... :p

ancha anwar said...

Gw pake h kok. Diujung nama tapi :)
Itu i am pario apaan itu? Hahahaha kocak!

rama wibi said...

yeesss itulah salah satu calon walikota Bekasi...

Wib . said...

gwe pas pemilihan yg lalu si Muhtar menang, ga ikutan milih. Yg nanti gwe juga ga mau ikutan milih.
Kalo pemilu pres gwe malah ikutan cuma sekali pas lulus sma.. abis itu ga pernah ikutan lagi... mending tidur
tetangga gwe salah satu timses Muhtar.. ajib banget... abis kepilih tetangga gwe masukin orang2 disekitar rumah jadi CPNS, ada sekitar 8 orang yg gwe tau.. rate-nya 70jutaan utk lulusan SMA.... :D

rama wibi said...

kl mau malah nti gw dateng terus kertas suara gw coret2,,dah terlampau busuk Bekasi...

noh di rumahnya si Sumi lagi rame terus sekarang,,ga malu atw g tau malu deh,,,tipis ky g-string

Dani Freaks said...

dulu pernah dibahas di pengajian, seperlu apa sih gelar H di depan nama?
Kan yang kita tahu (jadi agak ngemeng agama gak papa yey) rukun Islam ada 5 dan Haji adalah rukun Islam yang ke-5. Nah, kalo orang pake gelar H di namanya, kenapa kalo udah syahadat gak sekalian pake gelar Sy., kalo udah sholat pake gelar Sh, kalo udah Puasa pake gelar P. dan kalo udah Zakat pake gelar Z.?

Mungkin ini oknum (atau apalah dalam istilah elu), tapi orang yang memberi diri sendiri titel H. di depan namanya gegara udah ber-Haji udah enggak bener aja...

rama wibi said...

tp kan oknum sdkt Dan,,ini mah udah banyak *cedih liat mental bangsa ini*

Dani Freaks said...

nunggu oknum yang bakalan pake titel Sy.Sh.P.Z.H. Rama Wibi deh..

*tenggelam*

Sayang Kamu said...

OOT bole ya? Itu beneran tulisan di poster merah "The Next Major"? Glek. Tentara kaleee...

rama wibi said...

hahaha,,emang ngaco englishnya,,,hahahahha

antung apriana said...

Biasanya klo musim kampanye itu para calonnya mendadak jadi alim. namanya ditulis selengkap-lengkapnya. haji ini haji itu. sebel juga liatnya
btw I am Pario itu sungguh keren :D

rama wibi said...

padahal mah sholat aj jarang ya *ya owoo Rama g boleh gt*

Winny widyawati said...

Kali aja H itu singkatan dari "Hai.." :D

arsitha chan said...

Pernah dong asistennya pejabat di BUMN bilang gini

"mbak yg bener nulisnya ya, kalo H. nya kurang bakalan marah marah. H nya musti dua ya.

Critanya namanya pendek, trus ditambahin Bin.... bapaknya haji juga gitu. Misalnya gini H. Rama bin H. Gaul <----lengkap dengan gelar kesarjanaan juga bo

kay rena said...

Cuma di Indonesia aja keknya yah pulang haji dapet gelar?

kay rena said...

Apanya berat? Dosa luh? Ehhmmm... Sabar yak!

kay rena said...

Trus masalah?

*naik roket ke bulan*

kay rena said...

Ieuwwwhh.. bekasi norak bener dah!

kay rena said...

aduh potonya di coblos kakak.. jangan dicoret-coret, itu kan bukan poto mantan!

kay rena said...

Saya mah pakek gelar "Nyonyah" aja dah, nyonyahnya pejabat gitooowww..

*mlipir*

rama wibi said...

emang punya patjar??

kay rena said...

ada. namanya pario.. #hayah

TJ Sudirman said...

mungkin udah jadi kebiasaan aja sih kalo kata gw. di masyarakat kita emang udah begitu dari jaman dulu. jadi ya sampe sekarang masih begitu. kebetulan aja kalo yg lo bahas ini adalah calon2 walikota yg sedang berkampanye. karena emang udah menjadi kebiasaan dari dulu di masyarakat kita memakai gelar Haji, maka mereka pake deh. dan masyarakat kita kan cenderung melihat Haji itu lebih wow gitu lah. lebih baik, lebih terhormat mungkin, atau pokonya yg lebih dipandang. nah, ini juga yg para calon itu 'pakai' utk mempromosikan diri. ya, jadi ga salah bener2 juga utk kesemua yg mak gelar Haji ini.
toh awalnya juga kan gelar tersebut pure utk mereka yg pulang haji aja. dipanggilnya pak haji, bu hajjah, dll. hanya segitu aja awalnya. jaman sekarang aja jadi banyak yg 'merusaknya'. sampe bikin orang akhirnya kepikiran kaya di tulisan lo ini.

itu kalo kata gw yaaa...

' Badai ' said...

kalo kata uwak gw, gelar H di depan nama itu malah sifatnya riya

' Badai ' said...

sama gak mengertinya gw kenapa kalo di undangan pernikahan harus ditulis gelar pendidikannya?

Unknown said...

Semua manusia dimata tuhan itu sama. Emang gelar bisa nyelametin dia dari neraka?