June 08, 2012

Soegija

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Documentary
Rasanya kok TOLOL banget ya kalo ada yang berargumen sebelum melihat dan membayangkan bukan hanya dari satu sisi. Ketololan siapakah yang gw bicarakan pastinya yang bilang kalo film ini menyesatkan persis sama seperti gagalnya konser tanggal 3 kemarin, bisa ngehasut orang untuk pindah agama. WTF

Pas lagi nunggu antrian, tiba-tiba wanita cantik disebelah gw bilang "ini film kan sempet jadi kontroversi gara-gara isue kristenisasi...", secara tiba-tiba muka gw yang tadinya unyu-unyu bersahaja langsung berubah. Kok ya bisa tuh orang ngomong kaya gitu. At least studio yang gw tonton kemarin sore bareng yayang memang penuh sesak dan kita berdua serasa menjadi minoritas diantara mayoritas. Tapi kita berdua enjoy dan nikmati filmnya kok, sempet deg-degan juga kali aja pas lagi nonton tiba-tiba ada segerombolan orang tereak-tereak kaya kasusnya si Manji.

Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ (lahir di Soerakarta, Jawa Tengah, 25 November 1896 – meninggal di Steyl, Venlo, Belanda, 22 Juli 1963 pada umur 66 tahun, namanya dieja Sugiyopranoto) adalah Vikaris Apostolik Semarang, yang kemudian menjadi Uskup Agung Semarang. Ia juga merupakan Uskup pribumi Indonesia pertama. Sebagai seorang Pahlawan Nasional RI, berdasarkan SK Presiden RI no 152 tahun 1963 tertanggal 26 Juli 1963, beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giritunggal, Semarang. <== itu kata om Wiki.

Garin mengadaptasi sebuah biografi sang pahlawan menjadi kisah kehidupannya sehari-hari, banyak yang disampaikan melalui film ini baik itu dari ucapan maupun dari tindakan sang Romo Kanjeng.

"untuk apa menjadi bangsa yang merdeka, jika tidak bisa mendidik dirinya sendiri..."

itu kata-kata sang Romo yang ngebekas banget di otak gw dari film ini, melalui diplomatiknya ia menghadapi penguasa pendudukan pemerintah Jepang dan berhasil mengusahakan agar Rumah Sakit St. Carolus dapat berjalan terus. Berani melawan kolonial Belanda dan Jepang dengan caranya sendiri, dihormati dalam lingkungannya dan mengajarkan apa yang dimaksud dengan pemimpin.

"jika rakyat lapar, biarkan pemimpin yang pertama merasakannya. jika rakyat kenyang biarkan rakyat yang pertama merasakannya..."

Banyak petuah-petuah yang di sampaikan oleh Romo Soegija semasa kepemimpinannya menjadi Uskup Agung di Semarang.

Alur filmnya sendiri dibuat turun naik ya walopun terkesan datar, saat mata gw udah mulai jenuh tiba-tiba ada scene konyol dari si Butet a.K.a Toegimin, lalu udah mulai jenuh lagi datanglah sosok lelaki kurus kerempeng berambut kriwil dengan aksen yang sangat konyol dan kocag. Jadi penonton hampir terhibur melihat film ini ya meskipun makna yang tersirat dari film ini jelas banget kalo mau jadi pemimpin ya jalankan prinsip pemimpin, kalo mau jadi politikus harus punya mentalnya, jangan nantinya cuma jadi benalu bagi negaranya.

Oh ia dan film ini menggunakan beberapa bahasa sekaligus, Bahasa Jawa, Bahasa Belanda, Bahasa Cina, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. Alunan musik keroncong protokol juga bikin suasana makin berasa di Batavia Tempoe Doeloe. Musik-musik Belanda juga harmonis banget dimainkan didalam film ini. Cuma kalo dari sudut pandang gw ya, film dokumenter ini terlalu bercahaya layaknya film-film jaman sekarang, jadi kurang jadul sedikit, latarnya kurang kusam, cuma itu aja sih selebihnya gw salut sama Garin Cs yang bisa nyari celana kodok model kolonial Belanda.

Selesai nonton mana kontroversi gw bisa berpindah agamanya,,ya namanya ini film biografi seorang Uskup Agung ya harus ada kesehariannya dia selama menjadi Uskup dong, jadi lagi-lagi ini film bukan tentang Agama, dan jangan pernah deh bawa-bawa nama Agama kedalam lingkungan bermasyarakat yang berbhineka. NKRI ini butuh dan rindu yang namanya TOLERANSI.

Rekomen, ya sok monggo kalo mau nonton, tapi kali ndak rasanya bajakan or donlotan juga gw rekomen kok.

32 comments:

fickle boon said...

toleransi udah kalah sama KEBODOHAN!

yep, akan nonton ini nanti malem

Dani Freaks said...

*merinding*

trus meleleh.... :)

TJ Sudirman said...

hmm, film yg juga berlatar in-the-past. like it. udah pasti mau nonton.. :D

rengganiez sw said...

itu tekonya mirip teko di rumah dehhh...


*sengaja bacanya gak mau detail2, biar nontonnya puas ntar* :-)

Maria Sugiharti said...

mau nonton ah

rama wibi said...

KEBODOHAN yang dipertahankan yaakkk..

nonton dah lu bakalan ngakak ngeliat tingkah polah si banteng...

rama wibi said...

ngeliatin foto gw ya...

rama wibi said...

tonton J, sambil siap2 ngakak...

rama wibi said...

masih ada diri mu teko seperti itu??

rama wibi said...

siipp di tunggu ceritanya....

rengganiez sw said...

di rumah masih ada..yang punya simbah ak bawa ke jakarta dan baru saja aku pecahin :-(

rama wibi said...

oooaawwwaaaalaaa,,,di kutuk si embah cah....

i Ramadhan said...

Gw tertarik nonton gara2 denger lagu "Als de Orchideen Bloeien (Bunga Anggrek Mulai Tumbuh)" di trailernya. Dari dulu suka banget lagu itu. Kinda romantic...

rama wibi said...

sama balada kopi susu Ron....gw sampe tak berkata-kata dengerin lagu2nya...

Dani Freaks said...

he eh...
berasa nonton Kuntilanak Duyung Perawan... :|

rama wibi said...

salah gw,, kakek mancung goyang kesetanan...

Muslim Anshori M, said...

Jadi pengen nonton... Baru tau gue klo ada pilm ini...

rama wibi said...

sok di tonton Moes...

isna umaya said...

dijamin entah tahun kapan masuk cirebon * sigh

rama wibi said...

nasib ya nak....ccuupppp...cccuuupppp....

Sayang Kamu said...

Menarik! Garin sih ya, jagonya bikin film.

medina lubis said...

gak minat nonton ini...

rama wibi said...

not really sih,,tapi seperti yg gw bilang cukup rekomen kok....

rama wibi said...

kenafah gt Med??

medina lubis said...

cuma 2,5 star gitu...

rama wibi said...

hahahhaa,,,abang kau *tunjuk Haris* lebih parah kasih 1 bintang buat ini pilem....

Duke of Ciledug said...

agak ngebosenin untung gambar dan settingnya bagus meski detil2 seperti kawat gigi penyanyi koor, trus kenapa begitu banyak orang timor/indonesia timur di film ini sebagai figuran, jaman dulu kan belum transmigrasi

Tiar Rahman said...

gue termasuk yang tolol dan gak akan nonton film ini.

a lie said...

belum masuk Bali...

rama wibi said...

gw malah ndak suka sama gambarnya terlalu zaman sekarang banget,,kurang kelabu///

rama wibi said...

hahahahahaa,,,kenafa bang??

rama wibi said...

tpi DVDnya udah ada kaann....